Bencana Alam Melanda Indonesia Sejak Awal Tahun Hingga Sekarang

Bencana Alam Melanda Indonesia Sejak Awal Tahun Hingga Sekarang

Sejak awal tahun januari 2021 hingga agustus terakhir, berbagai bencanan alam telah terjadi di Indonesia. Bahkan tidak sedikit kerusakan dari bencana alam menjadi kurugian besar negara. Berdasarkan data terakhir yang berhasil diluput clarisassantafaz.com dapat Anda lihat dibawah ini:

Sederetan Bencana Alam yang Melanda Indonesia, Tercatat 1805 Bencana

Sederetan Bencana Alam yang Melanda Indonesia

  • Daerah yang rawan terjadi bencana alam di Indonesia adalah Jawa:
  1. Jawa Barat sebanyak 464 kali
  2. Jawa Timur 191
  3. Jawa Tengah 183 kali

Kenapa daerah Jawa menjadi wilayah yang sangat sering terjadi bencana daripada dataran lain di negeri ini ? Karena Jawa merupakan titik Zona yang konvegensi, pertemuan antara lempeng tektonik, yaitu Lempeng Eurasia di utara, dan Lempeng Indo-Australia yang menyebabkan terbentuknya gunung berapi dan terjadinya gempa bumi.

  • Dataran pulau Sumatera:
  1. Aceh 146 kali
  2. Riau sebanyak 70 kali

Dibagian selatan dan timur Indonesia terdapat sabuk vulkanik (volcanic arc). Dan keberadaannya tercatat sampai menjangkau Aceh – Riau. Gempa bumi yang disebabkan karena interaksi lempeng tektonik dapat menimbulkan gelombang pasang apabila terjadi di samudera. Dengan wilayah yang sangat dipengaruhi oleh pergerakan lempeng tektonik ini, Indonesia (khususnya Sumatera) sering mengalami tsunami. Tsunami yang terjadi di Indonesia sebagian besar disebabkan oleh gempa-gempa tektonik di sepanjang daerah subduksi dan daerah seismik aktif lainnya.

  • Kalimantan – Sulawesi – Papua & Sekitarnya:

Bencana alam yang sering terjadi di daerah kawasan Kalimantan – Sulawesi – Papua & Sekitarnya adalah banjir. Sebanyak 676 kejadian atau 40,3 persen merupakan bencana banjir, kerusakan akibat bencana alam ini menjadikan perkembangan ekonomi pada beberapa daerah ini terhambat.

Pulau Kalimantan relatif cukup beruntung berada di luar jalur cincin api pegunungan seperti halnya pulau-pulau lain. Namun yang tidak bisa terhindari oleh Kalimantan adalah bencana banjir. Terdapat lebih dari 1200 sungai kecil diseluruh pulau Kalimantan, potensi untuk banjir meski curah hujan ringan sangat mungkin.

Dan sekarang bencana alam yang sedang terjadi melanda Indonesia adalah virus Covid19. Indonesia juga sedang menghadapi bencana non-alam yakni penyebaran virus Covid-19. Sebelumnya, Covid-19 ditetapkan sebagai bencana nasional oleh pemerintah sejak 13 April 2020.

Untuk informasi menarik lainnya, silahkan baca juga artikel menarik kami sebelumnya: Peristiwa Menggerikan di Balik Foto. Nantikan selalu berbagai macam informasi menarik yang bisa kamu temukan bersama clarisassantafaz.com.