Fakta Terlengkap Atas Gempa dan Tsunami Aceh Tahun 2004

Fakta Terlengkap Atas Gempa dan Tsunami Aceh – Tepatnya di tanggal 26 Desember 2004  di Samudera Hindia terjadi dan mengakibatkan kerusakan bencana alam terparah sejak abad 20 ini. Hal itu disebabkan gempa bumi dan juga tsunami ini mengakibatkan kerusakan dan guncangan yang bisa dirasakan beberapa negara di Asia, yakni India, Indonesia, Malaysia, Maldives, Myanmar, Somalia, Sri Langka dan juga Thailand.

Selain itu gempa bumi yang berpusat di Lepas Pantai Barat Sumatera, Indonesia ini diperkirakan mempunyai guncangan sebesar 9,1 – 9,3 SR tercatat sebagai tragedi gempa bumi paling mengerikan dan mematikan yang pernah terjadi sepanjang sejarah.

Untuk itu pada artikel dibawah kami akan membahas tentang beberapa fakta lengkap dan resmi dari Gempa Bumi dan Tsunami ini yang disebut sebagai Tsunami Samudera Hindia 2004, Tsunami Aceh, Tsunami Indonesia dan juga Tsunami Boxing Day.

5 Fakta Terlengkap Atas Gempa Dan Tsunami Samudra Hindia atau Tsunami Natal 2004

Fakta Terlengkap Atas Gempa dan Tsunami Aceh Tahun 2004

  • 167.000 Orang Meninggal dan Hilang

Sesuai dengan data Bank Dunia disebutkan bahwa jumlah korban untuk bencana alam yang terjadi tahun 2004 terdapat total 167.000 orang meninggal, dengan tambahan 500.000 orang kehilangan tempat tinggal di Indonesia dan belum termasuk wilayah negara lainnya. Untuk kalian ketahui bersama bahwa Tsunami di Aceh ini disebabkan adanaya gempa dangkal di laut dengan kekuatan magnitudo 9,3 SR dengan jarak terdekat 149 kilometer dari Meulaboh.

  • Presiden RI dan Pemerintah Mengambil Alih Pemerintahan Sementara di Aceh

Fakta Terlengkap Atas Gempa dan Tsunami Aceh Tahun 2004

Setelah terjadinya gempa di Aceh tepat di tanggal 26 Desember 2004 yang lalu, melalui INPRES Menteri Dalam Negeri No 8 tahun 2004 telah disebutkan bahwa Semua penanganan serta berbagai upaya dalam hal pemulihan mental dan juga pemulihan SDM dan bangunan semuanya akan dilakukan oleh pemerintah pusat RI. Hal itu merupakan tindakan dalam hal bantuan Negara untuk masyarakat Aceh dan sekitarnya yang terkena dampak dari gempa tersebut.

  • Merupakan Gempa Terbesar

Untuk diketahui kembali bahwa Tsunami Aceh 2004 disebabkan pertama kali oleh interaksi Indon-Australia dan Eurasia yang kemudian mengakibatkan Gempa Magnitudo Besar 9,3 SR di dasar laut dengan kedalaman mencapai 10 KM. Itu lah yang mengakibatkan gempa yang satu ini merupakan Bencana paling mematikan di abad modern ini dengan durasi terpanjang yaitu 8 -10 menit.

  • Menimbulkan Gelombang Tinggi

Fakta Terlengkap Atas Gempa dan Tsunami Aceh Tahun 2004

Bermula dari Gempa yang sangat panjang tersebut, permukaan air laut pun menjadi surut dan kemudian menjadi pertanda mengerikan dan awal bagi bencana Tsunami Aceh 2004 yang menerjang daerah wilayah pantai Hindia dengan kecepatan gelombang 360km/jam dan tinggi maksimal 30 meter. Setelah ditelusuri kembali bahwa tinggi gelombang tersebut mencapai 17 kali dari tinggi rata rata masyarakat Indonesia yakni 170 cm.

  • Mengakibatkan Kerugian Terbesar Total Puluhan Triliun Rupiah

Sesuai dengan data Pemerintah Indonesia bahwa kerugian dari dampak tsunami dan juga bencana yang terjadi di Aceh ini mencapai puluhan triliun rupiah dengan rincian ratusan ribu rumah dan juga fasilitas umum sosial menjadi hancur tak tersisa disapu bencana ini.

Oleh sebab itu, Pemerintah RI kemudian melakukan pinjaman dana Ke Bank Dunia dan Bank Pembangunan Asia untuk melakukan renovasi pembenahan Aceh dan Sumatera Utara yang terkena dampak tersebut. Upaya ini pun dilakukan Pemerintah Indonesia dalam 3 tahapan dimulai dari Akhir 2005 sampai dengan akhir 2009 yang akhirnya diselesaikan pada Semester Pertama Tahun 2010 yang lalu