Gempa Bumi Magnitudo 6 Di India Yang Memakan Ribuan Korban Jiwa

Gempa Bumi Magnitudo 6 Di India – Belum lama ini telah terjadi bencana alam berupa gempa bumi berkekuatan Magnitudo 6 yang mengguncang wilayah Assam , India. Menurut laporan , sejumlah gedung mengalami rusak berat akibat gempa ini.

Gempa Bumi Magnitudo 6 Di India

Gempa Bumi Magnitudo 6 Di India Yang Memakan Ribuan Korban Jiwa

Dilansir dari AFP , Rabu (28/4/2021), belum ada laporan pasti mengenai jumlah korban luka maupun korban jiwa akibat gempa bumi yang mengguncang pada Rabu (28/4) pagi waktu setempat ini.

Survei Geologi Amerika Serikat (AS) atau USGS melaporkan gempa dengan kekuatan Magnitudo 6 ini berpusat pada kawasan perbukitan dekat perbatasan India dengan Bhutan. Lebih tepatnya berada di kedalaman 29 kilometer dari permukaan Bumi dan berlokasi di klikwin88 sebelah utara Dhekiajuli, Assam bagian utara. Walaupun terbilang cukup jauh , namun getaran gempa ini terasa  hingga ke wilayah Bengal yang jaraknya beberapa ratus kilometer jauhnya.

Tak hanya Bengal , akibat dari gempa ini juga dirasakan di wilayah Tezpur, sebuah kota berpenduduk 100 ribu orang dan berjarak 45 kilometer dari pusat gempa. Warga setempat mengatakan jika banyak orang yang berlari ke jalanan saat gempa mulai mengguncang wilayah tersebut. Sejumlah gedung di wilayah tersebut dilaporkan mengalami kerusakan akibat gempa.

Gempa Magnitudo 6,0 Guncang India, Warga Berhamburan dan Bangunan Rusak

Bahkan di wilayah Guwahati, ibu kota wilayah Assam , gempa ini mengakibatkan gedung gedung bergetar dan memicu sejumlah retakan di dinding. Laporan warga menyebutkan jika setidaknya dua gempa susulan yang cukup besar dirasakan di wilayah tersebut.

Letak negara India yang berada di kawasan Himalaya memang cukup sering dilanda gempa bumi. Sebut saja gempa bumi dahsyat yang sempat melanda India di tahun 1950 lalu dan menewaskan sekitar lebih dari 4800 orang di wilayah Assam dan Tibet.

Namun kali ini gempa bumi terasa sedikit berbeda. Gempa bumi kali ini mengguncang saat India tengah berjuang menghadapi gelombang kedua virus Corona (COVID-19) tentunya semakin membuat parah sistem layanan kesehatan setempat. Menurut laporan , India dalam enam hari berturut turut telah mencatat lebih dari 300 ribu kasus corona setiap harinya.

Pada Selasa (27/4) waktu setempat, India melaporkan 323.144 kasus Corona dan 2.771 kematian dalam sehari.